ILMU KESEHATAN MASYARAKAT



Pengertian Ilmu Kesehatan Masyarakat

         Definisi Ilmu menurut KBBI, Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode-metode tertentu yang dapat dipergunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dalam bidang itu.

          Definisi kesehatan menurut UU RI No.36 Tahun 2009 Pasal 1 Ayat 1 adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

         Definisi masyarakat menurut Koentjaraningrat (1994), masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu system adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu dan terkait oleh suatu rasa identitas bersama. Sedangkan menurut Selo Soemardjan (1974), masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaan.

         Ikatan Dokter Amerika, (1948) mendefinisikan Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.

         Ilmu Kesehatan Masyarakat (Public Health) Menurut Winslow (1920) adalah ilmu atau seni yang bertujuan untuk mencegah penyakit, memperpanjang masa hidup, dan mempertinggi nilai kesehatan melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat:
1.Sanitasi lingkungan
2.Pemberantasan penyakit
3.Pendidikan kesehatan (higiene)
4.Manajemen (pengorganisasian )
5.Pengembangan rekayasa sosial dalam rangka pemeliharaan kesehatan masyarakat

         Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mendefinisikan:IKM adalah ilmu dan seni untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yg meliputi usaha2 peningkatan kesehatan
dan kesejahteraan masyarakat, keluarga maupun perorangan serta penyehatan lingkungan hidupnya dalam bentuk fisik, biologis, sosio-ekonomis dan sosio-kultural dengan mengikut sertakan masyarakat serta segala upaya atau cara-cara untuk mengatasinya dalam masyarakat.

IKM pada hakekatnya adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempelajari masalah-masalah kesehatan dan segala faktor-faktor yang mempengaruhinya

Pilar Ilmu kesehatan masyarakat

Pilar utama Ilmu kesehatan masyarakat adalah:
1.Epidemiologi
2.Biostatistik/statistik kesehatan
3.Kesehatan lingkungan
4.Pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku
5.Administrasi kesehatan masyarakat
6.Gizi masyarakat
7.Kesehatan kerja 

Maksud dan Tujuan  Ilmu kesehatan masyarakat

 Maksud dan Tujuan:
1.Mempelajari masalah-masalah kesehatan yang ada di masyarakat
2.Mempelajari faktor-faktor yang berpengaruh pada masalah-masalah kesehatan tersebut
  3.Dengan memanfaatkan iptek dan segala kemampuan yang tersedia dalam masyarakat, berupaya  dan berekayasa untuk menanggulangi masalah-masalah kesehatan tadi
  4.Melalui metoda-metoda penelitian yang sistimatis berupaya untuk selalu mengembangkan ilmu ini  sehingga dapat dipakai sebagai sarana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.



Komentar

Postingan Populer