KONSEP SEHAT SAKIT




Pengertian Sehat

Dalam pengertian yang paling luas sehat merupakan suatu keadaan yang dinamis dimana individu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan internal (psikologis, intelektua, spiritual dan penyakit) dan eksternal  (lingkungan fisik, social, dan ekonomi) dalam mempertahankan kesehatannya.

Ada beberapa pengertian sehat dari berbagai sudut pandang diantaranya adalah
  1. Pada tahun 1930, American Nurses Association (ANA) dalam pernyataan kebijakan sosialnya mendefinisikan sehat sebagai “keadaan dinamik ketika potensi perkembangan dan perilaku individu terpenuhi hingga seoptimal mungkin” (FUNDAMENTAL KEPERAWATAN Konsep Proses dan praktik edisi 7 volume 1 dari kozier).
  2. Definisi sehat adalah ”kondisi yang normal dan alami, karenanya segala sesuatu yang tidak normal alami karenya segala sesuatu yang tidak normal dan bertentangan dengan alam dianggap sebagai kondisi tidak sehat yang harus dilegal.” Konsep Dasar Keperawatan Asmadi
  3. Definisi sehat menurut Perkins (1939) adalah ”suatu keadaan keseimbangan yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dan beberapa factor yang berusaha mempengaruhinya.
  4. Definisi sehat menurut WHO (1974) adalah “sehat adalah suatu keadaan yang semprna dari aspek fisik, mental, social dan tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.” (FUNDAMENTAL OF NURSING volume 1 edisi 4 dari Potter dan Perry).
  5. Menurut neuman (1990) adalah “ sehat dalam suatu rentang merupakan tingkat kesejahteraan klien pada waktu tertentu, yang terdapat dalam rentang dan kondisi sejahtera yang optimal, dengan energy yang paling maksimum, sampai kondisi kematian yang menandakan habisnya energi total
  6.  Menurut Depkes RI. UU No.23 1992 Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Dalam pengertian ini maka kesehatan harus dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh terdiri dari unsur –unsur fisik, mental dan sosial dan di dalamnya kesehatan jiwa merupakan bagian integral kesehatan

Pengertian sakit 

Seseorang dikatakan sakit apabila ia menderita penyakit menahun (kronis), atau gangguan kesehatan lain yang menyebabkan aktivitas kerja/kegiatannya terganggu. Walaupun seseorang sakit (istilah sehari -hari) seperti masuk angin, pilek, tetapi bila ia tidak terganggu untuk melaksanakan kegiatannya, maka ia di anggap tidak sakit .

Ada beberapa pengertian sehat dari berbagai sudut pandang diantaranya adalah
  1. Menurut Larson Sakit adalah ketidakseimbangan fungsi normal tubuh manusia, termasuk sejumlah system biologis dan kondisi penyesuaian
  2. Menurut bauman ada kriteria keadaan sakit, yaitu adanya gejala, persepsi tentang keadan sakit yang di rasakan, dan kemampuan beraktifitas sehat yang menurun.
  3. Menurut batasan medis sakit adalah mengemukakan 2 bukti adanya sakit yaitu Tanda dan Gejala.
  4. Menurut Perkins sakit adalah suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga menimbulkan gangguan pada aktivitas sehari-hari, baik aktivitas jasmani maupun sosial.
  5. Menutut perry dan potter sakit adalah suatu keadaan di mana fungsi fisik, emosional,intelektual, social, perkembangan atau spiritual seseorang berkurang atau terganggu bila dibandingkan kondisi sebelumnya. (Potter dan perry, 2010 Fundamental keperawatan edisi 4 jakarta ; EGC) 



Berarti tidak adanya gejala penyakit bukan berarti sehat.Sesungguhnya sehat adalah suatu kondisi keseimbangan, di mana seluruh sistem organ di tubuh kita bekerja dengan selaras. Faktor-faktor yang mempengaruhi keselarasan tersebut berlangsung seterusnya adalah:

1.         Nutrisi yang lengkap dan seimbang
2.         Istirahat yang cukup
3.         Olah Raga yang teratur
4.         Kondisi mental, sosial dan rohani yang seimbang
5.         Lingkungan yang bersih

Paradigma sehat

Paradigma sehat adalah cara pandang atau pola pikir pembangunan kesehatan yang bersifat holistik, proaktif antisipatif, dengan melihat masalah kesehatan sebagai masalah yang dipengaruhi oleh banyak faktor secara dinamis dan lintas sektoral, dalam suatu wilayah yang berorientasi kepada peningkatan pemeliharaan dan per - lindungan terhadap penduduk agar tetap sehat dan bukan hanya penyembuhan penduduk yang sakit.

Pada intinya paradigma sehat memberikan perhatian utama terhadap kebijakan yang bersifat pencegahan dan promosi kesehatan, memberikan dukungan dan alokasi sumber daya untuk menjaga agar yang sehat tetap sehat namun teta p mengupayakan yang sakit segera sehat. Pada prinsipnya kebijakan tersebut menekankan pada masyarakat untuk mengutamakan kegiatan kesehatan daripada mengobati penyakit. Telah dikembangkan pengertian tentang penyakit yang mempunyai konotasi biomedik dan sosio kultural.

Komentar

Postingan Populer